Hubungan Antara Profesionalisme Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Muslimin Pandan

Siregar, Ahmad Sholeh (2021) Hubungan Antara Profesionalisme Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Muslimin Pandan. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1 (3). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
ISLAMI 3 (Ahmad Sholeh Siregar).pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) bagaimana profesionalisme guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Muslimin Pandan; (2) bagaimana kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) AlMuslimin Pandan; dan (3) hubungan profesionalisme dan kinerja guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Muslimin Pandan. Populasi penelitian adalah seluruh guru di (SMP) Al-Muslimin Pandan dengan jumlah 30 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, dan homogenitas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi sederhana pada taraf signifikansi  = 0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan: (1) Sebaran skor profesionalisme guru (X) sebanyak 15 orang (49.999%) berada di bawah rata-rata kelas, 8 orang (26,666 %) berada pada rata-rata kelas dan sebanyak 8 orang (37.5%) di atas rata-rata Berdasarkan data di atas maka profesionalisme guru di bawah rata-rata; (2) Sebaran skor kinerja guru (Y) sebanyak 12 orang (39,999%) berada di bawah rata-rata kelas interval, 3 orang (10%) berada pada rata-rata kelas interval dan sebanyak 15 orang (49.999%) di atas rata-rata. Berdasarkan data di atas maka kinerja guru umumnya berada di atas rata-rata; dan (3) Terdapat hubungan dan kontribusi yang sangat lemah antara profesionalisme guru (X) terhadap kinerja guru (Y) dimana besaran koefisien korelasinya sebesar 0.049 dan koefisien determinasi (r2 ) yang diperoleh dari hasil perhitungan sebesar 0.049 x 100 % = 4,9 % dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ῠ = 72.915 + 0.224 X, persamaan garis regresi ini menjelaskan bahwa jika faktor profesionalisme guru meningkat sebesar satu unit maka kinerja guru juga akan meningkat sebesar 72.915 + 0.224 = 73.175 satuan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Dec 2021 05:43
Last Modified: 29 Dec 2021 05:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12724

Actions (login required)

View Item View Item