Analisis Keterlibatan Belajar Siswa Secara Online

Gusrina, Anggi and Sihombing, Hulga Ryan Shori and Sitompul, Uswatun Hasanah and Nasution, Inom (2021) Analisis Keterlibatan Belajar Siswa Secara Online. Comserva: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1 (7). ISSN 2798-5210

[img]
Preview
Text
11.46-Article Text-484-1-10-20211118-2021-comserna.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran secara daring atau online menciptakan permasalahan baru dan bentuk beban yang baru dalam teknik pendidikan yang berbeda. Dikarenakan media hingga metode yang disajikan dalam pembelajaran akan berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa atau peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dalam keterlibatan siswa atau peserta didik serta hambatan yang dilalui mereka dalam menjalankan pembelajaran secara online. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dimana bersifat lebih deskriptif, dengan subjek para peserta didik 1 hingga 6 SD Negeri 013864 tepatnya di Desa Lubuk Palas dusun II, dan tingkat Mts Al-washliyah punggulan Air joman kelas 8- 9 dan tenaga pendidik dan kependidikan yang mengajar di tingkat SD/MI, SMP/MTS hingga SMA/SMK serta sejumlah masyarakat yang anak-anaknya masih mengemban pendidikan dan melakukan proses pembelajaran secara daring atau online. Adapun pengumpulan data melalui dua macam angket keterlibatan dan hambatan peserta didik yang diperkuat dengan wawancara, observasi dan kajian dokumentasi penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh para ahli, sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah kualitatif berdasarkan hasil wawancara, observasi dan kajian dokumentasi penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah keterlibatan peserta didik atau siswa dalam pembelajaran secara online atau daring cukup memperlihatkan keterlibatan dan pengaruh yang ada, yang tanpa disadari dan kurangnya kesadaran dan cekatan dalam penanganan kendala atau hambatan yang dialami para peserta didik atau siswa. Pelaksanaan pembelajaran secara online pada peserta didik, tidak mencapai target yang diinginkan dalam dunia pendidikan dikarenakan banyaknya hambatan yang dilalaikan atau dibiarkan. Meskipun pembelajaran secara online dapat dilakukan dimana saja, dan kapan saja. Namun, respon dan pemahaman siswa atau peserta didik menurun akibat tidak memperhatikan poin-poin pengaruh yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran secara online atau daring

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2021 13:13
Last Modified: 28 Dec 2021 13:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12723

Actions (login required)

View Item View Item