Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Di SMK Yayasan Perguruan Rahmat Islamiyah Medan

Aulia, Ade Rizky and Rifa'i, Muhammad and Saleh, Syarbaini (2021) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Di SMK Yayasan Perguruan Rahmat Islamiyah Medan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (2). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
FADILLAH 3 (Ade Rizky Aulia).pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana, peran kepala sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana, dan faktor pendukung serta penghambat dalam meningkatkan sarana dan prasarana di SMK Rahmat Islamiyah Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. sumber yang diwawancari yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang sarana dan prasarana dan guru. Teknik yang digunakan dalam menggumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu redukski data dan menarik kesimpulan. Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu kreadibilitas (keterpercayaan), transferability (keteralihan), dependability (ketergantungan), dan konfirmability (kepastikan). Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kondisi sarana dan prasarana yang ada di SMK Rahmat Islamiyah Medan masih belum optimal karena masih adanya kurang ruangan untuk praktik salah satu kejuruan. (2) Kepala Sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana melakukan perencanaan dengan musyawarah bersama guru-guru untuk membahasa kebutuhan sarana dan prasarana yang belum terpenuhi. (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan sarana dan prasarana di SMK Yayasan Perguruan Rahmat Islamiyah Medan yaitu adanya kejasama antar masyarakat sekolah yang bersedia memelihara dan merawat sarana dan prasarana dan faktor penghambatnya yaitu masih kurangnya dana.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:27
Last Modified: 28 Dec 2021 06:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item