Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Kerja Guru Di SMK Tunas Karya

Muntaha, Sidratil (2021) Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Kerja Guru Di SMK Tunas Karya. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (2). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
FADILLAH 2 (Sidratil Muntaha).pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru di SMK Tunas Karya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah efektivitas kerja guru. Sedangkan variabel bebasnya adalah kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 35 guru di SMK Tunas Karya. Sampel berjumlah 35 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS Statistic 25.0 dengan deskriptif dan regresi. Dari hasil penelitian diketahui ada kontribusi yang positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X) terhadap efektivitas kerja guru (Y) di SMK Tunas Karya. Dimana berdasarkan uji secara parsial (uji T) di peroleh nilai thitung adalah sebesar 4,518 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,692 pada taraf 95%. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Uji persyaratan analisis diperoleh data berdistribusi normal, homogen, dan linier. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah sudah cukup berpengaruh dalam meningkatkan Efektivitas Kerja Guru di SMK Tunas Karya.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:15
Last Modified: 28 Dec 2021 06:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12684

Actions (login required)

View Item View Item