Siti Aisyah, Siti Aisyah (2012) Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dan Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 107828 Aras Panjang Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai”. Masters thesis, p.
|
Text
Tesis.Siti Aisyah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN No. 107828 Aras Panjang. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana hasil belajar PAI siswa kelas V SDN No. 107828 Aras Panjang sebelum penerapan tindakan? 2) Bagaimana hasil belajar PAI siswa kelas V SDN No. 107828 Aras Panjang setelah penerapan tindakan? 3) Bagaimana penerapan tindakan untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN No. 107828 Aras Panjang? 4) Apakah tindakan dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN No. 107828 Aras Panjang? Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni penelitian yang bertujuan untuk menerapkan tindakan tertentu dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas V SDN No. 107828 Aras Panjang. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah butir soal (tes) dan observasi. Instrumen butir soal diujicoba sebelum digunakan hingga terjamin validitasnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar PAI siswa kelas V SDN No. 107828 Aras Panjang sebelum penerapan tindakan adalah 61.88, dan 41.66% tingkat ketuntasan. 2) Hasil belajar PAI siswa kelas V SDN No. 107828 Aras Panjang setelah penerapan tindakan pada siklus pertama adalah 74.17, dan 91.66% tingkat ketuntasan. Pada siklus kedua, hasil belajar siswa mencapai 84.38, dan 100% tingkat ketuntasan. 3) Dalam menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan sosiodrama, ada beberapa langkah pokok dalam pembelajaran yakni: pengelompokan siswa, perumusan tugas, penghayatan drama, pemeranan, kerja kelompok dan laporan. 4) Strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V hingga mencapai ketuntasan 100% dan mencapai peningkatan sebesar 240% dalam dua siklus.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 09:20 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 09:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1253 |
Actions (login required)
View Item |