Penerapan Strategi Contextual Teaching Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V MIS Halimsyah Kabupaten Langkat

Rambe, Andina Halimsyah (2021) Penerapan Strategi Contextual Teaching Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V MIS Halimsyah Kabupaten Langkat. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Laporan Peneilitian (Andina) revisi.docx.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar tematik siswa sebelum menerapkan strategi CTL berbantuan Media Audio Visual (2) peningkatan hasil belajar tematik siswa setelah menerapkan strategi CTL Berbantuan Media Audio Visual (3) penerapan strategi CTL Berbantuan Media Audio Visual pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V MIS Halimsyah Kabupaten Langkat pada tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa : (1) hasil belajar siswa pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 50,95 dengan persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 38,09% (8 siswa) dan yang belum tuntas 61,91% (13 siswa) (2) pada siklus I hasil belajar tematik siswa memperoleh nilai rata-rata 81,42 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 80,96% (17 siswa) dan yang belum tuntas 19,04 % (4 orang). (3) Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal mencapai 85,71% (18 siswa) dan yang belum tuntas 14,28 % (3 siswa). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan strategi CTL berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa di kelas V MIS Halimsyah Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:54
Last Modified: 18 Nov 2021 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item