Penggunaan Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jalan Mandala By Pass No.140 A Medan Kota Medan

Erniyati, Erniyati (0204) Penggunaan Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jalan Mandala By Pass No.140 A Medan Kota Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Erniyati Repository.pdf

Download (922kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui apa saja metode pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Mandala By Pass No.140 A Kota Medan. Untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran pada bidang studi Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Mandala By Pass No.1 40 A Kota Medan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan metode pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Mandala By Pass No.140 A Kota Medan Jenis penelitian yang digunakan adalah merupakan jenis penelitian kualitatif atau sering disebut dengan penelitian kualitatif naturalistik, yaitu jenis penelitian yang mengkaji data yang dapat menggambarkan realita sosial yang kompleks dan konkrit. Sumber informasi pada penelitian ini adalah orang-orang yang mempunyai keterkaitan dengan metode pembelajaran Aqidah Akhlak pada guru yang mengajar di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Mandala By Pass No.140 A Kota Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Metode pembelajaran aqidah akhlak yang diterapkan oleh guru agama di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan di kelas X, kelas XI dan kelas XII adalah dengan menggunakan metode yang bervariasi dan bermacam-macam. Beberapa metode tersebut adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode drill (penugasan), metode diskusi kelompok, metode mauizah dan metode ibroh. Penerapan metode pembelajaran yang dilakukan guru bidang studi aqidah akhlak di kelas X dan kelas XI, XII Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan disesuaikan dengan materi yang diajarkan, sehingga penerapan yang sesuai disenangi oleh siswa dan dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan di kelas. Penerapan metode pembelajaran aqidah akhlak kepada siswa pada dasarnya tidak memiliki hambatan yang berarti, karena dengan menggunakan metode yang beraneka ragam merupakan solusi terhadap permasalahan yang dialami dalam proses belajar mengajar di kelas dalam rangka untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembalajaran , Aqidah Akhlak, Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Mandala By Pass No. 140 A Medan
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:15
Last Modified: 10 Nov 2021 07:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12463

Actions (login required)

View Item View Item