Penerapan Supervisi Klinis Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Di Kalangan Guru Bidang Studi Agama Islam di MAN 2 Langsa

Zulfitri, Zulfitri (2019) Penerapan Supervisi Klinis Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Di Kalangan Guru Bidang Studi Agama Islam di MAN 2 Langsa. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Zulfitri - Repository.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan supervisi klinis dalam peningkatkan kompetensi pedagogik di kalangan guru bidang studi agama Islam di MAN 2 Langsa. Yang menjadi rumusan masalah, yaitu (1. Bagaimanakah penerapan supervisi klinis di MAN 2 Langsa ?, (2. Bagaimanakah penerapan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di Kalangan guru bidang studi agama Islam di MAN 2 Langsa?, dan (3. Bagaimanakah kompetensi pedagogik di kalangan guru bidang studi agama Islam di MAN 2 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode (field research ) yang bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dalam penelitian ini peneliti mengambil obyek penelitian MAN 2 Langsa. Peneliti menggali informasi dari pengawas menengah pada Kantor Kemeterian agama Kota Langsa, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Langsa dan Guru bidang studi agama Islam yang mengampu bidang studi, Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah Akhlaq, al-Quran hadist, Ushul Fiqih, Fiqih, Ilmu Tafsir dan Bahasa Arab. Dalam mengumpulkan data yang relevan, penulis menggunakan observasi, interview, wawancara serta dukumentasi. Hasil Penelitian, peneliti menemukan penerapan supervisi klinis di kalangan guru bidang studi agama Islam di MAN 2 Langsa sudah dilakukan oleh kepala madrasah dan pengawas menengah sesuai dengan pemahaman dan kemapuan mereka sebagai pengawas atau supervisor, namun masih ada hal yang harus dibenahi dalam peningkatan kemampuan kompetensi pedagogik guru tersebut. Penerapan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di Kalangan guru bidang studi agama Islam di MAN 2 Langsa, adanya peningkatan manajerial kelas sudah dilaksanakan oleh para guru bidang studi agama Islam di MAN 2 Langsa, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembelajaran sudah menjadi lebih baik dan peningkatan prestasi siswa sudah nampak baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Kompetensi pedagogik di kalangan guru bidang studi agama Islam di MAN 2 Langsa, adanya beberapa kemampuan yang ada pada guru bidang studi agama Islam seperti, guru v sudah menguasai karakteristik peserta didik, sudah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, guru sudah dapat melakukan pengembangan kurrikulum, adanya kegiatan pembelajaran yang mendidik serta sudah dapat mengembangkan potensi peserta didik, juga sudah adanya komunikasi yang baik dengan peserta didik dan diakhir itu semua guru bidang studi agama Islam melakukan penilaian dan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis, Kompetensi Pedagogik, Guru Bidang Sudi Agama Islam
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2021 05:46
Last Modified: 03 Nov 2021 05:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12446

Actions (login required)

View Item View Item