Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Melalui Tutor Sebaya Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan (Plantae) di Kelas X IPA Pesantren Darul Qur’an

Putri, Indy Indyanita (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Melalui Tutor Sebaya Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan (Plantae) di Kelas X IPA Pesantren Darul Qur’an. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CETAK-converted (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) melalui tutor sebaya terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi tumbuhan (Plantae) di kelas X IPA Pesantren Darul Qur’an. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Pesantren Darul Qur’an yang berjumlah 107 siswa. Teknik sampling yang digunakan teknik simple random sampling (sampling acak sederhana). Dimana sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Analisis data aktivitas belajar siswa dengan menggunakan rumus Weight Mean Score. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 3 klasifikasi indeks aktivitas siswa “Sangat Aktif” dan 5 klasifikasi indeks aktivitas siswa “Aktif” maka berdasarkan data hasil tersebut aktivitas siswa di kelas eksperimen masuk ke dalam klasifikasi “Aktif”. Sedangkan hasil rata-rata aktivitas belajar pada kelas kontrol yaitu 3 klasifikasi indeks aktivitas siswa “Aktif” yaitu dan 5 klasifikasi indeks aktivitas siswa “Cukup Aktif” maka berdasarkan data hasil tersebut aktivitas siswa di kelas kontrol masuk ke dalam kategori “ Cukup Aktif”. Hasil analisis nilai aktivitas belajar pada kelas eksperimen “Aktif” dan kelas kontrol “Cukup Aktif” yang artinya H01 ditolak dan Ha1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together melalui tutor sebaya terhadap aktivitas belajar siswa di kelas X IPA Pesantren Darul Qur’an. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis. Hasil rata- rata pada kelas eksperimen adalah 85,18 dan kelas kontrol adalah 71,88. Hasil analisis nilai thitung > ttabel yaitu 8,517>1,997, yang artinya H02 ditolak dan Ha2 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together melalui tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPA Pesantren Darul Qur’an.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Number Head Together, Metode Tutor Sebaya, Aktivitas Belajar, dan Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:55
Last Modified: 02 Nov 2021 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12412

Actions (login required)

View Item View Item