Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Berbasis Media Video Terhadap Keterampilan Proses Sains Kelas V Di SD IT Luqmanul Hakim

Aulia, Hantika (2020) Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Berbasis Media Video Terhadap Keterampilan Proses Sains Kelas V Di SD IT Luqmanul Hakim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Hantika Aulia 3.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana keterampilan proses sains peserta didik yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran ropes berbasis media video di Kelas V SD IT Luqmanul Hakim, 2) bagaimana keterampilan proses sains peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ropes berbasis media video di Kelas V SD IT Luqmanul Hakim, 3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran ropes berbasis media video terhadap keterampilan proses sains peserta didik Kelas V SD IT Luqmanul Hakim. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Keterampilan proses sains pada kelas eksperimen (V Akhwat) dengan menggunakan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) berbasis Media Video diperoleh rata-rata post test 72,08 sedangkan kelas kontrol (V Ikhwan) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) diperoleh rata-rata post test 64,82. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) berbasis Media Video mampu meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik, 2) berdasarkan uji t statistic pada saat post test bahwa diperoleh model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) berbasis Media Video berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan hasil perhitunan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 64,68 > 3,135 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) berbasis Media Video berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas V SD di SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:54
Last Modified: 01 Nov 2021 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item View Item