Penerapan Metode Capital Asset Pricing Model Sebagai Dasar Penentuan Investasi Pada Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di BEI)

Sundari, Ajeng (2021) Penerapan Metode Capital Asset Pricing Model Sebagai Dasar Penentuan Investasi Pada Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di BEI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ajeng Sundari..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam berinvestasi, kejelian calon investor dalam menggali dan mengolah informasi akan dijadikan sebagai alat pengambilan keputusan untuk berinvestasi yang akan menentukan seberapa besar risiko dan keuntungan yang akan diperolehnya pada masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya keuntungan dan risiko serta mengelompokkan saham yang efisien dan tidak efisien dengan menerapkan metode Capital Asset Prricing Model pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di BEI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan data kuantitatif, berupa daftar harga saham terakhir, suku bunga, serta Indeks Saham Syariah Indonesia yang bersumber dari situs resmi Bursa Efek Indonesia, yahoo finance, dan Bank Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saham Unilever Indonesia Tbk merupakan saham dengan tingkat risiko tertinggi dan memberikan keuntungan yang tinggi pula. Hal ini dibuktikan dengan nilai risiko sistematis sebesar 1,250615517 namun tetap dapat memberikan keuntungan individu 0,001965761 dan nilai tersebut lebih besar dari pengembalian yang diharapkan yaitu -0,009315809. Dari 5 perusahaan yang tergolong dalam sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga, 4 diantaranya masih perlu memperbaiki operasional perusahaan dengan memanfaatkan modal investor agar perkembangan perusahaan semakin baik sehingga layak untuk diinvestasikan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada saham sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga, saham Unilever Indonesia Tbk adalah saham yang efisien dan layak untuk diinvestasikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:01
Last Modified: 26 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12379

Actions (login required)

View Item View Item