Penerapan Metode Lean Six Sigma Dan Diagram Kendali Demerit Sebagai Upaya Meminimumkan Cacat Produk

Novia, Ayu (2021) Penerapan Metode Lean Six Sigma Dan Diagram Kendali Demerit Sebagai Upaya Meminimumkan Cacat Produk. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU NOVIA CETAK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengendalian kualitas adalah bentuk pemeriksaan menggunakan teknik atau metode tertentu dalam pengambilan keputusan untuk memenuhi standar kualitas yang telah di tentukan. Salah satu metode pengendalian kualitas ialah menggunakan metode Lean Six Sigma dan menggunakan Diagram Kendali Demerit sebagai pemonitor proses produksi. Lean Six sigma merupakan suatu kombinasi antara lean dan six sigma yang dapat didefiniskan sebagai suatu filosofi bisnis, pendekatan sistemik dan sitematik untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan (waste) atau aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah melalui peningkatan terus-menerus untuk mencapai tingkat enam sigma. Salah satu metodologi dalam upaya peningkatan menuju target Six Sigma adalah DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meminimumkan cacat produk air minum dalam kemasan Aqua cup 220 ml dengan metode Lean Six Sigma dan Diagram Kendali Demerit. Dengan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa pada produk Aqua cup 220ml Nilai DPMO untuk cacat pada proses produksi Aqua Cup 220ml adalah sebesar 22912.83, sedangkan level sigmanya adalah sebesar 3.43 dan nilai kapabilitas prosesnya adalah 0,77087 yang menunjukkan bahwa masih perlu pengendalian proses yang baik untuk meminimumkan cacat produk.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:23
Last Modified: 26 Oct 2021 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item