(التدخل النحوي بثبات اللغة الأولى في اكتساب اللغة الثانية (اللغة الأولى: الإندونيسية; اللغة الثانية: العربية

Trisna, Ika Novira (2015) (التدخل النحوي بثبات اللغة الأولى في اكتساب اللغة الثانية (اللغة الأولى: الإندونيسية; اللغة الثانية: العربية. Ihya al 'Arabiyah, 1 (2). pp. 138-150. ISSN 2442-7683

[img] Text (Artikel Jurnal)
89 - Published Version

Download (23kB)
Official URL: http://ejournalpba.org/index.php/ihya/article/view...

Abstract

Penelitian ini adalah analisis tentang interferensi sintaksis bahasa kedua (bahasa Arab) yang disebabkan oleh penuranian bahasa pertama (bahasa Indonesia). Interferensi sintaksis adalah gangguan struktur kata pada bahasa pertama dalam struktur kata pada bahasa kedua. Dalam proses mempelajari bahasa Arab bagi penutur Indonesia adalah proses menguasai sistem berbahasa yang baru dan berbeda dengan apa yang terbiasa mereka pakai, baik dari aspek bunyi, bangunan kata, struktur kalimat, maupun sistem pemaknaan. Ketika proses tersebut berlangsung, secara alamiah akan terjadi interfensi linguistik bahasa Indonesia terhadap bahasa Arab, yaitu ketika penutur Indonesia menggunakan bahasa Arab cenderung dipengaruhi oleh sistem linguistik bahasa Indonesia. Hal ini bisa disebabkan karena bahasa pertama telah dinuranikan. Proses penuranian berlangsung secara tidak sadar atau secara alamiah meliputi semua kemampuan bahasa, mulai dari fonologi, morfologi, sintaksis, dan leksikon. Maka bahasa pertama yang telah dinuranikan ini akan “mengganggu” ketika pembelajar menggunakan bahasa kedua.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Interferensi sintaksis, pemurnian bahasa, bahasa arab
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 415 Structural systems (Grammar)
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic (Bahasa Arab)
Divisions: Artikel Journal (Termasuk artikel jurnal elektronik)
Depositing User: Mrs. Retno Sayekti
Date Deposited: 29 Jan 2016 04:54
Last Modified: 29 Jan 2016 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item