Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Teman Sebaya) Dan Question Student Have (QSH) Pada Materi Eksponen Di Kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah

Cahya, Trisna Dwi (2021) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Teman Sebaya) Dan Question Student Have (QSH) Pada Materi Eksponen Di Kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRISNA DWI CAHYA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (Teman Sebaya) dan Question Student Have (QSH) pada materi Eksponen di kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Pupolasinya adalah seluruh kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah tahun pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 119 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa unutk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang ditentukan dengan cara sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berbentuk tes uraian berupa post test. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe SFE dan SH pada materi pokok Eksponen dikelas X MAN 2 Tapanuli Tngah dengan Fhitung= 6,123> Ftabel pada taraf (a=0,05)= 4,007; 2). Tidak terdapat perbedaan kmampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe SFE dan QSH pada materi pokok Eksponen di kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah dengan Fhitung= 0,549< Ftabel pada taraf (a=0,05)= 4,007; 3). Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif SFE dan QSH pada materi pokok Eksponen dikelas X MAN 2 Tapanuli Tengah dengan Fhitung= 5,0911>Ftabel pada taraf (a=0,05) = 3,923

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:29
Last Modified: 08 Sep 2021 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item View Item