Unsur-unsur Pendidikan Anak Dalam Perspektif AlQur’an (Analisis QS: Al-Baqarah Ayat 233, Al-An’Am Ayat 140, dan ArRum Ayat 30)

Rukiah, Rukiah (2020) Unsur-unsur Pendidikan Anak Dalam Perspektif AlQur’an (Analisis QS: Al-Baqarah Ayat 233, Al-An’Am Ayat 140, dan ArRum Ayat 30). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Unsur-unsur Pendidikan Anak dalam al-Qur'an- Tesis Rukiah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur pendidikan anak dalam perspektif Al-Qur‟an (Analisis Qs: Al-Baqarah Ayat 233, Qs: Al-An‟am Ayat 140, dan Qs: Ar-Rum Ayat 30) yang meliputi: 1. Bagaimana peran seorang pendidik dalam perspektif Qs: Al-Baqarah ayat 233, Qs: Al-An‟am Ayat 140, dan Qs: Ar-Rum Ayat 30, 2. Bagaimana materi pendidikan anak dalam perspektif Qs: Al-Baqarah ayat 233 Qs: Al-An‟am Ayat 140, dan Qs: Ar-Rum Ayat 30, 3. Bagaimana metode pendidikan anak dalam perspektif Qs: Al-Baqarah Ayat 233, Qs: Al-An‟am Ayat 140, dan Qs: Ar-Rum Ayat 30. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber data primer dan sekunder. Dalam menganalisa data yang telah terkumpul penulis menggunakan metode tahlili (analisis) yaitu suatu metode tafsir yang digunakan oleh para mufassir dalam menganalisis kandungan ayat-ayat Al-Qur‟an. Penjelasan dimulai dengan menyebutkan ayat-ayat yang akan ditafsirkan, menjelaskan gambaran isi surah, menjelaskan makna lafaz yang terdapat di dalamnya dan kemudian ayatayat yang ditafsirkan dideskripsikan dan dianalisa secara jelas sehingga dapat diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Peran orang tua sebagai pendidik adalah: a. Membina jiwa keberagamaan anak sejak dini, b. Mengembangkan potensi dan kreatifitas anak, c. memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kecerdasan anak. d. Memberikan nafkah yang halal bagi anak 2) Materi pendidikan yang harus diajarkan kepada anak adalah: a. Pendidikan aqidah, b. Pendidikan akhlak. 3) Metode yang harus digunakan berdasarakan perspektif Qs: Al-Baqarah ayat 233, Qs: Al-An‟am ayat 140, dan Ar-Rum ayat 30 adalah: a. Metode kasih sayang, b. Keteladanan, c. Metode pembiasaan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:02
Last Modified: 08 Sep 2021 08:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item View Item