Kontribusi Kompetensi Diri dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen di Politeknik Parawisata Negeri Medan

Masditou, Masditou (2020) Kontribusi Kompetensi Diri dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen di Politeknik Parawisata Negeri Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis Masditou.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah kompetensi diri berpengaruh terhadap kinerja? (2) Apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja (3) Bagaimana pengaruh Kompetensi diri terhadap kepuasan kerja ?. Subjek penelitian adalah seluruh dosen politeknik Pariwisata Negeri Medan. Dengan jumlah populasi sebanyak 40 orang. Metode penelitian menggunakan teknik persamaan regresi ganda dalam pengolahan data. Berdasarkan hasil analisis data, temuan dan pembahasan penelitian maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1) Kompetensi diri mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja dosen politeknik Parawisata Medan, bentuk hubungannya linier dan prediktif melalui persamaan regresi Y = 23.11+0.66X1, hal ini berarti makin baik kompetensi diri yang di miliki dosen maka makin tinggi pula kinerja dosen tersebut. Dari uji kecenderungan data di simpulkan bahwa kompetensi diri dalam penelitian ini berada pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 35% kinerja dosen cenderung kategori rendah dengan persentasi sebesar 2,5%. Selain itu kompetensi diri pada dosen memberikan sumbangan efektif yang cukup berarti terhadap kinerja dosen dengan sumbangan 93.94%. Kepuasan kerja mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja dosen, bentuk hubungan nya yang linier dan prediktif melalui persamaan regresi Y= 15.04 + 0.77X2 . Hal ini berarti makin baik kepuasan kerja maka makin tinggi pula kinerja dosen. Dari uji kecenderungan data di simpulkan bahwa kepuasan kerja dalam penelitian ini berada pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 50%. Sedangkan kinerja dosen cenderung kategori cukup dengan persentase sebesar 50%. Dari hasil temuan penelitian, kepuasan kerja memberikan sumbangan efektif yang cukup berarti terhadap kinerja dosen yaitu sebesar 37.02%. 3) Kepuasan kerja dan kompetensi diri secara bersama sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja dosen politeknik pariwisata medan. Dengan koefiisien Korelasi (R) sebesar 0.594 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.69. Hal ini berarti bahwa kepuasan kerja dan kompetensi diri secara bersama sama mempunyai hubungan yang kuat dan memberikan kontribusi yang besar yaitu sebesar 69% untuk meningkatkn kinerja dosen.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:12
Last Modified: 08 Sep 2021 07:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item View Item