Kreativitas Guru Dalam Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran SKI Di MTs. Swasta Fastabiqul Khairot

Sari, Reni Kartika (2019) Kreativitas Guru Dalam Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran SKI Di MTs. Swasta Fastabiqul Khairot. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Reni.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peneliti merumuskan tujuan peneliti yaitu : 1) Dapat Mengetahui Kreativitas Guru dalam Menerapkan Pendekatan saintifik pada Proses pembelajaran SKI Kelas VIII di MTs. Swasta Fastabiqul Khairot Kecamatan Medan Marelan. 2) Dapat mengetahui Kendala-Kendala Guru dalam Mengimplementasi Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran SKI Kelas VIII di MTs Swasta Fastabiqul Khairot Kecamatan Medan Marelan. 3) Faktor Pendukung Guru dalam Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran SKI Kelas VIII di MTs. Swasta Fastabiqul Khairot Kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang mendalam dari informan yang terkait. Populasi data adalah Siswa/i MTs Fastabiqul Khairot Kecamatan Medan Marelan.. Diharapkan dalam penetapan objek/subjek penelitian ini dapat benar-benar mewakili tujuan penelitian sehingga rumusan masalah yang diajukan dapat terjawab dengan hasil yang memuaskan. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa: Kreativitas guru dalam Menerapkan Pendekatan saintifik Pada Proses pembelajaran SKI kelas VIII di MTs. Fastabiqul Khairot Kec. Medan marelan adalah Siswa menjadi aktif dan merespon jika guru mengajukan pertanyaan. Kelas menjadi hidup dan tidak banyak diam karena guru mampu menjelaskan materi dengan media yang telah dia rancang sebelum ia mengajar. Siswa aktif bertanya dan mengumpulkan infomasi dari berbagai sumber baik buku ataupun internet. Disini kreatif guru pun didukung oleh kepala sekolah karena guru jarang menggunakan media yang berkaitan dengan bahan ajarnya. Banyak faktor Pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendekatan saintifik adalah Keluarga dan sekolah dimana keluarga dan sekolah harus saling sama-sama mendukung guru dalam menerapkan pendekatan saintifik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:36
Last Modified: 07 Sep 2021 03:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12235

Actions (login required)

View Item View Item