Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi Melalui Model Picture And Picture Kelas IV MIN 7 Medan Denai

Qomariyah, Qomariyah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi Melalui Model Picture And Picture Kelas IV MIN 7 Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
kokom skripsi skripsi 1(1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Cerita fiksi di kelas IV MIN 7 Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan Iembar observasi belajar siswa, soal-soal pree-test dan post-test dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan kepada siswa secara individu. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 7 Medan Denai tepatnya di kelas IV-B dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 13 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 17 orang. Berdasarkan hasil tes awal sebelum diberi tindakan menunjukkan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 6,66% (2 siswa). Setelah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan model Picture and Picture, diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 36,66% (11 siswa). Setelah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan model Picture and Picture, diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 53,33% (17 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,33% (25 siswa). Sehingga diperoleh peningkatan belajar Bahasa Indonesia dari siklus I ke siklus II ke siklus III sebesar 300. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture materi Cerita Fiksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 7 Medan Denai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:16
Last Modified: 02 Sep 2021 07:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12222

Actions (login required)

View Item View Item