Nasution, Melida Andriani (2021) Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP N 3 Dolok Masihul. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi Melida Andriani.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran lembar aktivitas siswa berbasis problem based learning dan untuk mengetahui bagaimana kevalidannya, kelayakan, dan keefektifannya ditinjau dari aspek kemampuan komunikasi matematis siswa.Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian 4-D yaitu define, design, develop, and dessiminate. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Dolok Masihul tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembar aktivitas siswa oleh dosen ahli, guru matematika, angket respon siswa, dan tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Hasil temuan ini menunjukkan proses pengembangan media pembelajaran lembar aktivitas siswa yang dikembangkan ini melalui tahapan define dan design. Untuk kualitas kevalidan media pembelajaran lembar aktivitas siswa memenuhi kriteria valid dengan ditunjukkan oleh rata rata skor kevalidan yaitu 4,48 dengan klasifikasi sangat baik. Sedangkan keefektifan media pembelajaran lembar aktivitas siswa ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa memenuhi kriteria efektif dengan ditunjukkan oleh peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari ulangan harian yaitu 20% ke post test yaitu 84% dengan kategori baik
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 08:11 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 08:11 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12211 |
Actions (login required)
View Item |