Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060910 Kecamatan Medan Denai

Aprilia, Intan (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060910 Kecamatan Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi INTAN APRILLIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060910 Kecamatan Medan Denai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasy Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060910 Kecamatan Medan Denai yang berjumlah 60 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas VA sebagai kelas eskperimen (dengan menggunakan model Jigsaw) dan VB sebagai kelas kontrol (dengan menggunakan model pembelajaran konvensional). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS materi aktivitas masyarakat di lingkungan sosial di SD Negeri 060910 Medan. Hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dengan nilai 85,33 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 75,33. Terdapat pengaruh yang signifikan. 1. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. 2. Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri 060910 Medan. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t dengan diperolehnya nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,129 > 0,05. Yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya HO. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 060910 Medan Denai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Aug 2021 08:05
Last Modified: 27 Aug 2021 08:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item