Manajemen Bimbingan Kelompok Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) Tebing Tinggi

Syahruddin, Irwan (2021) Manajemen Bimbingan Kelompok Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) Tebing Tinggi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Irwan Syahruddin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar penelitian ini adalah bahwa mengetahui dan menganalisis manajemen bimbingan kelompok yang diimplementasikan oleh pihak MTs Negeri Tebing tinggi dalam bimbingan kelompoknya kepada peserta didik mulai dari program perancangannya, pengorganisasiannya, pelaksanaan bimbingan kelompoknya , pengawasannya sampai pada evaluasi bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan bimbingan kelompok di MTs Negeri Tebing Tinggi (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan (4) pengawasan (5) evaluasi bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tempat dan waktu penelitian bertempat di MTs Negeri Tebing tinggi. Waktu penelitian ini dimulai Bulan Februari 2020 (di awal masa studi) berakhir di bulan September 2020. Teknik pengumpul data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan bimbingan kelompok direncanakan berupa pengelompokan menggunakan pendekatan yakni analisis kebutuhan Peserta didik, menentukan Tujuan dari Bimbingan Kelompok, menginterpretasi dan menentukan materi berdasarkan jenis, teknik dan strategi, anggaran dan fasilitas bimbingan kelompok (2) Pengorganisasiannnya dilaksanakan secara empat aspek, yakni memilih konselor atau guru pembimbing bimbingan kelompok yang berkompeten, Sosialisasi bimbingan kelompok, Pembagian tugas kerja (job description) dan Membentuk kerjasama dengan stakeholder (3) Pelaksanaannya dilaksanakan dalam enam metode yakni metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian nasihat, metode persuasi dan metode kisah (4) Pengawasannya ada tiga, yakni; pengawasan kepala madrasah kepada guru pembimbing kelompok, pengawasan guru pembimbing kelompok kepada siswa. (5) Evaluasi bimbingannya dilatar belakangi oleh faktor penghambat. Untuk faktor penghambatnya terbagi dua, yakni secara inklusif dan eksklusif.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Layanan, Bimbingan, Kelompok, MTs Negeri Tebing tinggi.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2021 08:16
Last Modified: 25 Aug 2021 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12164

Actions (login required)

View Item View Item