Dinamika Historis Pondok Pesantren di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 1930-2019

Subri, Subri (2021) Dinamika Historis Pondok Pesantren di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 1930-2019. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Subri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dinamika historis pondok pesantren di provinsi kepulauan Bangka Belitung berawal dari proses pendidikan dan pengajaran dalam bentuk lembaga pendidikan Islam tradisional berupa lembaga ngaji duduk/ngaji kitab (informal). Kemudian membentuk lembaga pendidikan sekolah Arab/sekolah agama (nonformal). lalu kemudian terbentuklah pondok pesantren (formal). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan dinamika historis pondok pesantren di provinsi kepulauan Bangka Belitung dalam bidang kelembagaan, kemudian dalam bidang sistem pendidikan dan dalam bidang relevansi sosial. Adapun metode yang dipergunakan adalah metode penelitian sejarah teori Kuntowijoyo dengan pendekatan sejarah sosial. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penelaahan literasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan yaitu pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi dan teknik historiografi. Temuan penelitian yaitu; Pertama, aspek historis bidang kelembagaan bahwa proses pembentukan pondok pesantren di Bangka Belitung berbeda pada lazimnya secara umum, berawal dari sebuah kegiatan informal ngaji duduk/ngaji kitab lalu nonformal menjadi sekolah Arab/madrasah, kemudian secara formal membentuk menjadi pondok pesantren. Kedua, aspek historis bidang sistem pendidikannya bahwa sejak awal kegiatan pendidikan dan pengajaran baik secara informal, nonformal dan formal dilakukan secara tradisional (salafiyah) dengan muatan pelajarannya bersumber dari kitab kuning dan kitab-kitab yang bertuliskan arab melayu. Lalu berkembang menggunakan sistem pendidikan komprehensif (perpaduan) antara kurikulum salafiyah dengan umum. Terakhir seiring dengan perkembangan pondok pesantren dan kebutuhan masyarakat mengadopsi sistem pendidikan modern yang dikelola dengan modern management system. Ketiga, aspek historis bidang relevansi sosialnya bahwa sejarah pertumbuhan pondok pesantren dikehendaki oleh masyarakat akan kehadirannya. Indikasinya terlihat pada peran masyarakat dalam pembangunan, bahkan sedari awalnya masyarakat memasukkan anaknya dengan tidak melihat sistem pendidikan apa dan bagaimana digunakan lalu kemudian bahwa keterbutuhan pesantren kepada masyarakat meningkat sebaliknya masyarakat sangat butuh kepada pesantren sebagai benteng pertahanan akidah, akhlak dan ilmu-ilmu keislaman.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Historis, Pondok Pesantren
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:55
Last Modified: 25 Aug 2021 07:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12161

Actions (login required)

View Item View Item