Pengembangan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAS Raudhatul Akmal

Srg, M. Fadhil Hidayat (2020) Pengembangan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAS Raudhatul Akmal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI M FADHIL HIDAYAT SRG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media audio visual yang salah satunya adalah video pembelajaran yang dibuat dengan software Videoscribe terhadap hasil belajar pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X MAS Raudhatul Akmal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model atau desain pembelajaran yaitu ADDIE yang merupakan singkatan dari analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek penelitian yaitu kelas X MAS Raudhatul Akmal yang berjumlah 49 siswa sehingga dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kecil untuk X IPA 2 yang berjumlah 24 siswa dan kelas besar untuk X IPA 1 yang berjumlah 25 siswa. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kondisi awal siswa sebelum penelitian kelas X MAS Raudhatul Akmal terdiri dari tiga kelas yaitu X – IPA 1, X – IPA 2 , dan X – IPS. Didalam penelitian peneliti hanya membutuhkan dua kelas sebagai kelas besar dan kelas kecil. Maka guru matematika kelas X MAS Raudhatul Akmal memberikan saran agar dipakai kelas besar yaitu X – IPA 1 dengan 25 siswa dan Kelas X – IPA 2 sebagai kelas kecil dengan 24 siswa. Setelah didapat kelas besar dan kelas kecil sebagai data awal maka peneliti melakukan test awal maka didapatlah hasil belajar kelas besar sebesar 76 % dan kelas kecil sebesar 58,33 %. (2) pendapat para ahli dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan validasi terhadap media. Para ahli dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu ahli media 1, ahli media 2, dan ahli materi. Validasi terhadap media audio visual dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada saat media telah dikerjakan, dan tahap kedua dilakukan setelah media audio visual direvisi. Validasi ahli media 1 pada tahap 1 sekitar 80% termasuk kategori “layak” dan masih ada beberapa saran, dan pada tahap kedua sekitar 86,67% termasuk kategori “sangat layak” dan tidak ada saran. Validasi ahli media 2 pada tahap 1 hanya memberikan beberapa saran perbaikan untuk media audio visual, sedangkan pada tahap kedua ahli media 2 memberikan validasi terhadap media audio visual sekitar 95,56% termasuk kategori “sangat layak”. Dan validasi ahli materi pada tahap 1 memberikan validasi yaitu sekitar 72,72% termasuk kategori “layak” dengan beberapa saran, dan pada tahap kedua sekitar 81,81% termasuk kategori “sangat layak”. (3) Keefektifan media berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media audio visual berbasis video pembelajaran menggunakan software Videoscribe. Pada kelas kecil ketuntasan belajar siswa sebesar 87,5 %, dan kelas besar dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 88%. Hasil ini masih diatas KKM yaitu diatas 85% siswa wajib tuntas dalam proses pembelajaran. Untuk uji t untuk kelas kecil didapatkan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Aug 2021 08:42
Last Modified: 20 Aug 2021 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12106

Actions (login required)

View Item View Item