Peran Aisyiyah Dalam Pendidikan Kaum Muslimah DI Kota Medan (Studi Kasus Tahun 2010-2016)

Panjaitan, Hendripal (2021) Peran Aisyiyah Dalam Pendidikan Kaum Muslimah DI Kota Medan (Studi Kasus Tahun 2010-2016). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DISERTASI HENDRIPAL PANJAITAN UNTUK PROMOSI DOKTOR JULI 2021 - REPOSITORY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi tetang strategi pendidikan„Aisyiyah dalam pembinaan kaum Muslimah di Kota Medan, kemudian untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan „Aisyiyah dalam pendidikan kaum Muslimah di Kota Medan, apa sajakah hambatan „Aisyiyah dalam pergerakan pendidikan kaum Muslimah di Kota Medan, dan apa faktor pendukung „Aisyiyah dalam pergerakan pendidikan kaum Muslimah di Kota Medan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tempat dan waktu penelitian bertempat di PDA „Aisyiyah Kota Medan. Waktu penelitian ini dimulai 21 Maret 2017 dan berakhir tanggal 10 Nopember 2018. Teknik pengumpul data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.Teknik penjamin keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu pengumpulan data, Ketekunan pengamatan, melakukan triangulasi data, dan melakukan analisis kasus negative. Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi pendidikan „Aisyiyah dalam pendidikan kaum Muslimah di Kota Medan adalah melalui tiga peran, yakni perannya melalui konsolidasi pendidikan berbasis organisasi, konsolidasi pendidikan berbasis pimpinan dan kader serta pendidikan berbasis kerjasama organisasi. (2) Upaya yang dilakukan adalah membangun pendidikan pelayanan umum biro konsultasi keluarga sakinah „Aisyiyah dan melakukan evaluasi terhadap pemasyarakatan keluarga sakinah. (3) Faktor pendukungnya yakni terlaksananya pendidikan Qoryah Thoyyibah, pembinaan dan pelatihan kader di baitul arqam dan darul arqam, terlaksananya pembangunan pendidikan kader muballigh, dan terbangunnya pendidikan konsolidasi serta progresivitas manajemen profesional „Aisyiyah. (4) Hambatannya adalah adanya ketidak seragaman pendidikan ustaz-ustaz dalam menyampaikan dakwahnya, banyaknya terjadi kekerasan, menjamurnya pemahaman-pemahaman tentang strategi Islam, tingginya tingkat perceraian, meningkatnya penggunaan narkoba, kurang optimalnya pendanaan „Aisyiyah, tergandanya jabatan (rangkap jabatan).

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:42
Last Modified: 18 Aug 2021 03:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item