Pengaruh Stratifikasi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budisatriya Medan

Matondang, Fatiaha Sabila Putri (2021) Pengaruh Stratifikasi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budisatriya Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Fatiha Sabila Putri Matondang 0303161056.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stratifikasi sosial merupakan pembedaan masyarakat atau penduduk berdasarkan kelas-kelas yang telah ditentukan secara bertingkat berdasarkan dimensi kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan ilmu pengetahuan. Stratifikasi sosial yang ada pada siswa kelas VIII SMP Swasta Budisatriya Medan dapat dilihat dari status sosial ekonomi orang tua siswa tersebut, orang tua yang berstatus sosial ekonomi tinggi dapat memfasilitasi anaknya dalam hal pendidikan seperti les, alat tulis, telepon genggam, paket data, laptop dan lainnya yang dapat membantu siswa untuk meraih prestasi belajar yang baik. Sebaliknya siswa yang berstatus ekonomi rendah maka akan merasa kesulitan untuk mememnuhi kebutuhan belajar siswa seperti paket data dan telepon genggam sehingga siswa tersebut tidak dapat mengikuti daring. Jenis penelitian ini adalah penilitian kuantitatif yang memakai teknik analisis regresi sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Stratifikasi sosial yang berdimensi Status Ekonomi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budisatriya Medan. Adapun object dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Satriya Medan dengan jumlah sampel 30 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu “Stratifikasi Sosial dengan Dimensi Status Sosial Ekonomi orang tua sebagai variabel independen dan Prestasi Belajar sebagai variabel dependen”. Pengumpulan data terdiri dari angket, dan dokumtasi. Hasil penilitia ini menyatakan koefesien ( rxy) 0,189 dan koefesien determinan (r2 ) 0,378 dengan hasil BE 0,378. Berdasarakan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa stratifikasi sosial dalam dimensi status ekonomi sosial orang tua berpengaruh rendah terhadap prestasi belajar siswa hal tersebut disebabkan beberapa faktor ekseternal dan motivasi belajar serta kesadaran untuk belajar agar mendapatkan prestasi belajar yang baik, tidak hanya itu dalam masa pandemi ini juga dapat mempengarihi prestasi belajar siswa karna gaya belajar yang daring menyebabkan anak kesulitan dalam memahami pelajaran melalu pembelajaran online.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Aug 2021 06:43
Last Modified: 13 Aug 2021 06:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item View Item