Program Karantina Tahfiz Alqur’an (Studi Analisis Di Inlight Qur'anic Center, Baitul Qur'an, Dan Yayasan Tahfidzul Qur'an Al-Fawwaz Medan)

Ruslan, Muhammad (2020) Program Karantina Tahfiz Alqur’an (Studi Analisis Di Inlight Qur'anic Center, Baitul Qur'an, Dan Yayasan Tahfidzul Qur'an Al-Fawwaz Medan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS KARANTINA TAHFIZH -Muhammad Ruslan.pdf

Download (922kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Program Karantina Tahfiz} Alqur’a>n di Inlight Quranic Center, Baitul Quran Medan, dan Yayasan Tahfidzul Quran Al-Fawwaz Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi penelitian ini adalah mudi>r (pimpinan) lembaga tahfiz}, para ustaz}, pembimbing/muhafiz}, dan para peserta tahfiz} serta beberapa tokoh yang mengetahui tentang program karantina tahfiz}. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan dalam penelitian ini ada empat, yaitu: (1) Penerapan Program Karantina Tahfiz} Alqur’a>n yang diterapkan oleh Mitra Yayasan Tahfiz} Alqur’a>n Nasional: Inlight Quranic Center, Baitul Quran, dan Yayasan Tahfidzul Quran Al-Fawwaz Medan adalah dengan (a) melakukan proses persiapan, menentukan jadwal karantina tahfiz} yang disediakan umumnya setahun ada tiga kali pelaksanaan program karantina yaitu : Karantina program liburan tengah semester, Program karantina tahfiz} bulan Ramadhan dan, Program karantina tahfiz} program liburan akhir semester (b) Proses pelaksanaan program karantina tahfiz} dan (c) Proses output atau wisuda karantina tahfiz} (2) Faktor pendukung dalam program karantina tahfiz} Alqur’a>n di inlight Quranic center, Baitul Quran, dan Yayasan Tahfidzul Quran Al-Fawwaz medan yaitu : Motivasi dalam menghafal Alqura>n dengan penargetan, penguatan minat/motivasi, waktu dalam pelaksanaan tahfiz} Alqur’a>n, dukungan sarana dan prasara dalam program karantina dan pembiayaan program karantina tahfiz} Alqur’a>n (3) Faktor hambatan dalam program karantina tahfiz} Alqur’a>n di Inlight Quranic Center, Baitul Quran, dan Yayasan Tahfidzul Quran Al-Fawwaz Medan yaitu peserta tahfiz} masih perlu masuk program tahsi>n tila>wat Alqur’a>n, Tempat Karantina tahfiz} yang belum baku, pembiayaan akomodasi yang relatif mahal. (4) Upaya untuk menanggulangi faktor penghambat program karantina tahfiz} adalah dengan (a) mengadakan vi program kaderisasi guru tahfiz}, (b) Mengadakan TOT untuk para pendidik dalam program tahfiz} (c) Memotivasi peserta karantina tahfiz}

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Aug 2021 06:36
Last Modified: 13 Aug 2021 06:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12042

Actions (login required)

View Item View Item