Analisis Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Materi Transformasi Geometri Di SMA Swasta Darussalam Medan T.P 2019/2020

Ramadhan, Rivan Ambiya (2021) Analisis Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Materi Transformasi Geometri Di SMA Swasta Darussalam Medan T.P 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIVAN AMBIYA R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kemampuan siswa tentang materi transformasi geometri di Sekolah SMA Swasta Darussalam Medan (2) Bagaimana langkah – langkah pembelajaran berbasis etnomatematika pada pembelajaran matematika di sekolah SMA Swasta Darussalam Medan (3) Apa saja kelebihan model pembelajaran berbasis etnomatematika di SMA Swasta Darussalam Medan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data peneliti diperoleh melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran etnomatematika pada materi transformasi geometri adalah model pembelajaran materi Transformasi Geometri yang menjadi kegiatan pembelajaran dengan menerapkan kebudayaan yaitu batik sebagai media dari pembelajaran. Langkah – langkah pembelajaran dimulai dari pembukaan, isi dan penutup. Dan di akhir pembelajaran, siswa diberikan tugas menggambar pola batik berdasarkan motif batik dan transformasi geometrinya. Kelebihan model pembelajaran ini dibandingkan dengan model pembelajaran lain adalah 1) lebih mempermudah siswa dalam memahami konsep materi Transformasi Geometri karena materi ini berkaitan langsung dengan budaya mereka 2) mengubah cara pandang siswa dari abstrak menjadi lebih realistis 3) meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika karena materi ini ada kaitannya dengan kehidupan sehari- hari / lingkungan. 4) meningkatkan kreativitas dalam berfikir dan terampil menggambar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transformasi Geometri, Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Aug 2021 05:19
Last Modified: 06 Aug 2021 05:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item