Strategi Guru BK dalam Pelaksanaan Layanan Program Bimbingan dan Konseling di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung

Hayati, Nurul Islami (2021) Strategi Guru BK dalam Pelaksanaan Layanan Program Bimbingan dan Konseling di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi NURUL ISLAMI HAYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi bimbingan dan konseling merupakan serangkaian kegiatan yang disusun secara sistematis yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang strategi guru BK dalam pelaksanaan layanan program BK di Mts Al-Jam’iyatul Washliyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru BK yang telah melakukan program layanan bimbingan dan konseling. Instrument yang digunakan yaitu pedoman wawancara yang analisis secara sistematis dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa Perencanaan strategi Guru BK untuk program layanan bimbingan dan konseling di MTs. Al-Jam’iyatul Wasliyah tembung terstruktur berlandaskan kepada visi dan misi yang telah ditetapkan, dimana strategi terbagi kedalam dua bagian, yakni yang pertama adalah strategi klasikal yang diperuntukkan pada layanan orientasi (kedisiplinan, tata tertib, etika dan perilaku, norma dan moralitas) dan bimbingan konseling (konseling individual, pengembangan sikap dan perilaku, solusi, dan motivasi) dan yang kedua adalah strategi kelompok yang diperuntukkan pada layanan informasi (pengembangan minat dan bakat, pengembangan perilaku, bimbingan belajar dan ekstrakulikuler). Faktor penghambatan yang ditemukan Guru BK dalam perencanaan strategi adalah perselisihan pendapat antara sesama Guru BK yang menyebabkan perumusan kebijakan strategi menjadi lama, rangkuman perencanaan strategi yang tidak disetujui oleh kepala sekolah dan kurangnya inovasi, de dan gagasan Guru BK dalam melakukan perubahan yang inovatif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Aug 2021 04:43
Last Modified: 06 Aug 2021 04:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12011

Actions (login required)

View Item View Item