Sitompul, Siti Kholijah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Coperative Integrated Reading Dan Compossition) Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 28 Gg Nangka Pulo Brayan Darat II. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI LIZA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri No 101870 SD Muhammadiyah 28 Pulo Brayan Darat II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 28 yang berjumlah 56 orang dan sampel yang digunakan adalah kelas IVA dan IVB. Intstrumen penelitian berupa tes, yaitu pretest dan posttest sebanyak 20 soal pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar PKN siswa kelas IV dengan memperoleh rata-rata nilai 87,86. 2) Terdapat pengaruh pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar PKN siswa kelas IV dengan perolehan nilai rata-rata 73,39. Hal ini juga dibuktikan dengan pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 13,615 > 2,0252 H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Circ mampu mempengaruhi hasil belajar siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 07:41 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 07:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11978 |
Actions (login required)
View Item |