Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Konekasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Di Kelas X IPA MAN 3 MEDAN T.P. 2019-2020

Sugianti, Lilis (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Konekasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Di Kelas X IPA MAN 3 MEDAN T.P. 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LILIS SUGIANTI, S.Pd.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery learning; (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery learning; (3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning; (4) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis siswa.. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan tahun pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah siswa dengan sampel sebanyak 76 siswa yaitu 38 siswa dari kelas X IPA 4 dan 38 siswa dari kelas X IPA 5. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa melalui pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Terbukti pada hasil analisis uji F pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = ii ii 14,753, diketahui nilai pada Ftabel =3,984. Selanjutnya dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel untuk menentukan kriteria penerimaan dan penolakan H0, diketahui bahwa nilai koefisien Fhitung> Ftabel. berdasarkan ketentuan sebelumnya maka Menolak Ho dan. menerima Ha. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa melalui pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Terbukti pada hasil analisis uji F yang terdapat pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 14,654, diketahui nilai pada Ftabel =3,984. Selanjutnya dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel untuk menentukan kriteria penerimaan dan penolakan Ho, diketahui bahwa nilai koefisien Fhitung > Ftabel, berdasarkan ketentuan sebelumnya maka menerima menolak Ho dan. menerima Ha. (3) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Terbukti pada hasil analisis uji F yang terdapat pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 27,693, diketahui nilai pada Ftabel =3,903. Selanjutnya dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel untuk menentukan kriteria penerimaan dan penolakan H0, diketahui bahwa nilai koefisien Fhitung > Ftabel. berdasarkan ketentuan sebelumnya maka Menolak Ho dan. menerima Ha. (4) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Leaning dengan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Terbukti pada hasil analisis uji F yang terdapat pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 3,724 diketahui nilai pada Ftabel = 3,984. Selanjutnya dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel untuk menentukan kriteria penerimaan dan penolakan H0, diketahui bahwa nilai koefisien Fhitung < Ftabel berdasarkan ketentuan sebelumnya maka menerima Menolak Ha dan. menerima H0.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:33
Last Modified: 30 Jul 2021 07:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11959

Actions (login required)

View Item View Item