Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B Di RA Nurul Hidayah Dusun III Suka Damai Kab. Langkat T.A 2020/2021

Sarani, Sarani (2020) Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B Di RA Nurul Hidayah Dusun III Suka Damai Kab. Langkat T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SARANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan bahasa anak kelompok B menggunakan media flashcard. 2) Kemampuan bahasa anak kelompok B menggunakan lembar kerja siswa. 3) Pengaruh yang signifikan media flashcard terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B di RA Nurul Hidayah Dusun III Suka Damai Kab. Langkat T.A 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di RA Nurul Hidayah Dusun III Suka Damai Kab. Langkat T.A 2020/2021 pada tanggal 20-25 Juli 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Desain dengan tipe non equivalent control group desain. Populasi penelitian ini bejumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran observasi, dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan media flashcard terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B di RA Nurul Hidayah Dusun III Suka Damai. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata kemampuan bahasa anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 29,2 menjadi 59,53. Sehingga kemampuan bahasa anak di kelas eksperimen lebih tinggi atau lebih baik dari pada kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 42,8. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa media flashcard berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan bahasa anak yaitu hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,142 > 2,048 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B di RA Nurul Hidayah Dusun III Desa Suka Damai Kab. Langkat Tahun Ajaran 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:10
Last Modified: 30 Jul 2021 04:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11944

Actions (login required)

View Item View Item