Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Tugas Keprofesian Di SMP Negeri 3 Kota Tanjungbalai

Harahap, Khoirunnisak Br (2019) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Tugas Keprofesian Di SMP Negeri 3 Kota Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHOIRUNNISAK. PDF..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Tugas Keprofesian Di SMP Negeri 3 KotaTanjungbalai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang meneliti mengenai Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Tugas Keprofesian Di SMP Negeri 3 KotaTanjungbalai. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan tindakan keprofesian guru di SMP Negeri 3 Tanjungbalai mengikuti sebagaimana yang disampaikan oleh Dirjen Kelembagaan Agama Islam yaitu dengan mengikuti ketentuan seperti menguasai bahan ajar, dan membuat program belajar. Ketentuan ini telah diikuti oleh para guru Pendidikan Islam disekolah ini tetapi ada beberapa problem yang dihadapi yaitu waktu yang terlalu sibuk diluar kelas, kurang menguasai kelas dalam mengajar, dan kurang menguasai materi pelajaran dan cenderung tidak sesuai dengan kurikulum. Dan penelitian ini juga menjelaskan solusi dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah selaku pimpinan dalam mengatasi problematika guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Tanjungbalai yaitu dengan memanggil guru dan dilakukan pembinaan kepada guru dan mengikut sertakan dalam acara pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi guru dalam mendidik khususnya dalam bidang pembelajaran pendidikan agama Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:53
Last Modified: 30 Jul 2021 03:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11942

Actions (login required)

View Item View Item