Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Sikap Religius Dan Sikap Sosial Siswa Di MTs Fastabiqul Khairat Kec. Medan Marelan

Simanjuntak, Winda YIS (2019) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Sikap Religius Dan Sikap Sosial Siswa Di MTs Fastabiqul Khairat Kec. Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
word 25% (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peneliti merumuskan tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak yang tepat dalam pembinaan sikap religius dan sikap sosial siswa di MTs Fastabiqul Khairat kec. Medan Marelan, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap religius dan sikap sosial siswa di MTs Fastabiqul Khairat kec. Medan Marelan, dan 3) Untuk mengetahui dampak pembinaan sikap religius dan sikap sosial siswa dalam kehidupan seharihari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang didapatkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara yang mendalam dari informan yang terkait. Populasi data adalah siswa kelas VIII yang sekolah di MTs Fastabiqul Khairat kec. Medan Marelan tahun ajaran 2018-2019. Diharapkan dalam penetapan objek/subjek penelitian ini dapat benar-benar mewakili tujuan penelitian sehingga rumusan masalah yang diajukan dapat terjawab dengan hasil yang memuaskan. Adapun temuan penelitian ini adalah: (1) Dalam proses pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Fastabiqul Khairat kec. Medan Marelan, guru menggunakan strategi yang bervariasi untuk menciptakan suasana belajar, (2) Pemilihan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dalam pembinaan sikap religius dan sikap sosial siswa di MTs Fastabiqul Khairat kec. Medan Marelan sangat bergantung pada jenis materi yang dipelajari dan dinamika suasana kelas tempat berlangsungnya proses pembelajaran, (3) Fleksibilitas guru Akidah Akhlak dalam melaksanakan proses pembelajaran di MTs Fastabiqul Khairat kec. Medan Marelan, mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:42
Last Modified: 30 Jul 2021 03:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11940

Actions (login required)

View Item View Item