Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Islamic Centre Medan

Rambe, Lenni Marlina (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Islamic Centre Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS LENI SEMUA-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDIT Islamic Centre Medan, (2) pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDIT Islamic Centre Medan, dan (3) iteraksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDIT Islamic Centre Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Islamic Centre Medan terdiri dari tiga kelas. Sampel di pilih untuk kelas dengan strategi pembelajaran Kooperatif STAD adalah kelas Vc dengan 40 siswa, sedangkan siswa yang diajarkan dengan strategi ekspositori adalah siswa kelas Vb dengan 40 siswa. Teknik cluster random sampling dipengaruhi oleh analisis varians (Anava) pada tingkat signifikan ( = 0.05) yang diikuti dengan uji Scheffe. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDIT Islamic Centre Medan, dengan harga Fhitung 12,46 > Ftabel 3,972, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDIT Islamic Centre Medan, dengan harga Fhitung 5,92 > Ftabel 3,972, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar yang memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar dengan harga Fhitung 23,84 > Ftabel 3,972.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:25
Last Modified: 30 Jul 2021 03:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item