Perbedaan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Open Ended Learning (OEL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable Di MTs. Muhammadiyah 01 Medan

Fauza, M. Ruskhan (2021) Perbedaan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Open Ended Learning (OEL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable Di MTs. Muhammadiyah 01 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. Ruskhan Fauza (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Open Ended Learning (OEL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan kemampuan berpikir kritis pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) di kelas VIII MTs. Muhammadiyah 01 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII MTs. Muhammadiyah 01 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 50 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing berjumlah 25 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang ditentukan dengan cara sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berbentuk tes uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Open Ended Learning (OEL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pokok sistem persamaan linear dua variable di kelas VIII MTs. Muhammadiyah 01 Medan; 2) Tidak terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Open Ended Learning (OEL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok sistem persamaan linear dua variable di kelas VIII MTs. Muhammadiyah 01 Medan; 3)Terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Open Ended Learning (OEL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok sistem persamaan linear dua variable di kelas VIII MTs. Muhammadiyah 01 Medan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 19 Jul 2021 06:39
Last Modified: 19 Jul 2021 06:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11900

Actions (login required)

View Item View Item