Peran Guru BK Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 1 Medan

Tanti, Nurjulia Sulistia (2021) Peran Guru BK Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurjulia (0303161001).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar adalah kegagalan dalam mencapai tujuan belajar, ditandai dengan prestasi belajar yang rendah (nilai yang diperoleh kurang dari tujuh puluh lima). Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan latar belakang yang ada di MAN 1 Medan yang menunjukkan terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar saat belajar daring. Tujuan masalah pada penelitianini adalah untuk mengetahuibagaimana kondisi siswa sebelum dan sesudah belajar daring saat covid-19, untuk mengetahui kesulitan belajar seperti apa yang dialami siswa saat belajar melalui via daring, serta untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemi covid-19 di MAN 1 Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini yaitu 5 siswa kelas X MAN 1 Medan yang mengalami kesulitan belajar saat belajar daring. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesulitan belajar yang dialami siswa pada di masa pandemi covid-19 di MAN 1 Medan yaitu kurang maksimal materi yang disampaikan oleh guru menyebabkan siswa sulit memahami materi, sarana belajar saat daring tidak memadai, berkurangnya interaksi anatara guru dan siswa dan lingkungan belajar di masa belajar daring kurang kondusif.Upaya guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemi covid-19 yaitu guru BK melakukan kerjasama dengan orang tua siswa, guru mata pelajaran, melakukan kunjungan rumah dan memberi motivasi kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar pada saat belajar daring.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jul 2021 06:56
Last Modified: 19 Jul 2021 06:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item View Item