Perbedaan Kemampuan Penalaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dan Student Teams Achievement Division Pada Materi Turunan Fungsi Trigonometri Di Kelas XI SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.P 2019/2020

Septiani, Madya Wulan (2020) Perbedaan Kemampuan Penalaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dan Student Teams Achievement Division Pada Materi Turunan Fungsi Trigonometri Di Kelas XI SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.P 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada materi Turunan Fungsi Trigonometri kelas XI MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa, 2) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada materi Turunan Fungsi Trigonometri kelas XI MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa, 3) Apakah kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada materi Turunan Fungsi Trigonometri kelas XI MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang digunakan oleh penleiti adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang maisng-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Hasil temuan ini menunjukkan : 1) Kemampuan Penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi turunan fungsi trigonometri kelas XI MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dengan Fhitung > Ftabel pada taraf (α = 0,05) yaitu 6,572 > 4,171; 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi turunan fungsi trigonometri kelas XI MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dengan Fhitung < Ftabel pada taraf (α = 0,05) yaitu 3,923 < 4,171; 3) Kemampuan penalaran matematika dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model Student Facilitator and Explaining (SFE) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi turunan fungsi trigonometri kelas XI MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dengan Fhitung > Ftabel pada taraf (α = 0,05) yaitu 10,218 > 4,001

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jul 2021 06:10
Last Modified: 19 Jul 2021 06:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item