Analisis Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Dalam Menyediakan Rumah Layak Huni Di Kelurahan Berohol Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi

Herlina, Dewi (2021) Analisis Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Dalam Menyediakan Rumah Layak Huni Di Kelurahan Berohol Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI HERLINA..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dalam penyediaan rumah layak huni di Kelurahan Berohol Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi. Bantuan Stimulan Perumahan swadaya (BSPS) adalah fasilitas pemerintah yang berupa bantuan stimulant untuk pembangunan/peningkatan kualitas rumah yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) adalah masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah yang layak huni. Perumahan Swadaya adalah rumah-rumah yang dibangun atas prakarsa dan upaya masyarakat, baik secara sendiri atau berkelompok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan informan sebagai sumber informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dalam menyediakan rumah Layak Huni di Kelurahan Berohol Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi belum berjalan optimal. Termasuk penyaluran BSPS yang belum tepat sasaran, kurangnya partisipasi serta kesadaran masyarakat serta kurangnya pengetahuan tentang program BSPS. Selain itu dalam tahap pembangunan yang seharusnya dilakukan secara bergotong royong dengan sesama kelompok yang telah ditentukan tetapi pada kenyataannya masih dilakukan secara individual. Peneliti juga melihat bahwa implementor dalam pelaksanaan Program BSPS di Kelurahan Berohol masih belum memiliki ketegasan karena masih membiarkan masyarakat bekerja secara individual. Padahal mereka mengerti apa sebenarnya konsep dan tujuan program BSPS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Jul 2021 07:07
Last Modified: 17 Jul 2021 07:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item View Item