Kontribusi Kegiatan Kerohanian Islam Nurul Ikhwan dan Minat Baca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 2 Lubuk Pakam

Oktafyan, Imam Fadhilah (2021) Kontribusi Kegiatan Kerohanian Islam Nurul Ikhwan dan Minat Baca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
2 TESIS IMAM FADHILAH OKTAFYAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) kontribusi kegiatan kerohanian Islam (rohis) Nurul Ikhwan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam, (2) kontribusi minat baca Al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam, dan (3) kontribusi kegiatan kerohanian Islam Nurul Ikhwan dan minat baca Al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lubuk Pakam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 186. Sampel sebesar 20% dari siswa yang berjumlah 186 yaitu 37,2 dibulatkan 37 siswa yang diambil secara acak (random sample). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah korelasi dan regresi. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat kontribusi positif dan signifikan kegiatan rohis terhadap hasil belajar PAI dengan angka korelasi 2,528 dengan persamaan garis regresinya Ŷ = 77,15 + 0,12X1, (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan minat baca Al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI dengan angka korelasi 3,591 dengan persamaan garis regresinya Ŷ = Ŷ = 66,26 + 0,27X2. dan (3) terdapat kontribusi positif dan signifikan kegiatan rohis dan minat baca Al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI dengan angka korelasi 14,42 dengan persamaan garis regresinya Ŷ = 35,56 + 0,09X1 + 0,24X2. Variabel kegiatan rohis berkontribusi terhadap hasil belajar PAI sebesar 12,20%, sedangkan variabel minat baca Al-Qur’an berkontribusi terhadap hasil belajar PAI sebesar 23,90%

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:45
Last Modified: 12 Jul 2021 07:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11869

Actions (login required)

View Item View Item