Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Pair Checks Pada Materi Program Linier Pada Siswa Kelas XI di SMA Swasta Hang Tuah Belawan

Siahaan, Miftahul Huda (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Pair Checks Pada Materi Program Linier Pada Siswa Kelas XI di SMA Swasta Hang Tuah Belawan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
skripsi mhs asli.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan pemecahan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) dan pair checks pada materi program linier pada siswa kelas XI di SMA Swasta Hang Tuah Belawan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan komparatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA S Hang Tuah Belawan, Tahun Ajaran 2019-2020 yang berjumlah 734 siswa. Sampel pada penelitian yaitu kelas XI MIA 2 yang berjumlah 35 siswa dan XI MIA 3 yang berjumlah 35 siswa. Teknik yang tepat untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Pair Check, dengan Fhitung (4,58) > Ftabel (3,98). 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Pair Check, dengan Fhitung (55,29) > Ftabel (3,98). 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dan Pair Check, dengan Fhitung (42,25) > Ftabel (3,98). Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kritis lebih tinggi hasil yang diperoleh dan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajarkan menggunakan model STAD daripada Pair Check. Ini berarti bahwa berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik diajarkan dengan menggunakan model STAD

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:35
Last Modified: 12 Jul 2021 07:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item