Pengaruh Penggunaan Diagram Roundhouse Pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Kekebalan Tubuh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 18 Sunggal

Hanifa, Lika (2021) Pengaruh Penggunaan Diagram Roundhouse Pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Kekebalan Tubuh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 18 Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LIKA HANIFA_UINSU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari penelitian yang telah saya lakukan di kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal, pada pembelajaran sebelumnya guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, oleh karena itu dalam hal ini peneliti menggunakan Diagram Roundhouse yang mana nantinya akan membuat peserta didik lebih aktif, tidak mudah bosan. Dalam hal ini yang melatarbelakangi terjadinya penelitian ini karenakan rendahnya hasil belajar yang diperoleh disebabkan oleh guru yang memiliki variasi dalam mengajar, sehingga hal ini dapat membuat siswa mudah bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Diagram Roundhouse Pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Kekebalan Tubuh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang terdiri dari kelas XI MIA 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah tes berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal. Pada penelitian ini hasil nilai rata-rata pretest Diagram Roundhouse adalah 31,10 sedangkan pretest Konvisional nilai rata-ratanya adalah 26,80 dan pada hasil posttest Diagram Roundhouse rata-ratanya adalah 80,40 sedangkan pada Konvensional rata-ratanya adalah 66,40. Dan pada penelitian ini analisis data menggunakan uji Paired Samples Test menunjukan bahwa sig < 0,05 dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dengan nilai t-hitung 26,790 dan t-tabel 2,04 pada Diagram Roundhouse sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Diagram Roundhouse terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem sistem kekebalan tubuh di kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah Hutasoit
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:44
Last Modified: 07 Jul 2021 07:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11837

Actions (login required)

View Item View Item