Perbedaan Hasil Belajar Yang Diajarkan Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Dan Student Team Achiment Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Madinatussalam

Siagian, Adha Apriana (2021) Perbedaan Hasil Belajar Yang Diajarkan Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Dan Student Team Achiment Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Madinatussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Adha Apriana Siagian.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII MTs di MTs Madinatussalam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalama penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Madinatussalam yang berjumlah 97 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 berumlah 32 orang sebagai kelas Number Heads Together (NHT) dan VII-2 berjumlah 32 orang sebagai kelas Student Team Achievement Division. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen I (Number Heads Together) adalah 82 (kategori sangat tinggi). Sedangkan pada kelas eksperiment II (Student Team Achievement Division) diperoleh rata-rata nilai post-test sebesar 67,2 (kategori tinggi). Uji hipotesis perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas eksperiment I (Number Head Together) dan ekspriment II (Student Team Achievement Division), diperoleh thitung = 6,036 > ttabel = 1,999, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Number Heads Together (NHT) dengan yang dijarkan menggunakan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah Hutasoit
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:38
Last Modified: 07 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11836

Actions (login required)

View Item View Item