Pengembangan Virtual Laboratory pada Materi Bioteknologi Pokok Bahasan Kultur Jaringan Terintegrasi Nilai-nilai Islam dan Potensi Lokal di SMA Negeri 11 Medan

Hartono, Adi (2021) Pengembangan Virtual Laboratory pada Materi Bioteknologi Pokok Bahasan Kultur Jaringan Terintegrasi Nilai-nilai Islam dan Potensi Lokal di SMA Negeri 11 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
ADI HARTONO_SKRIPSI_0310171025_TADRIS BIOLOGI_FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, dunia sedang dilanda wabah virus Corona yang berdampak pada setiap lini kehidupan termasuk bidang Pendidikan yang menghimbau siswa untuk mengikuti pembelajaran daring. Kondisi tersebut berimplikasi terhadap terhambatnya kegiatan praktikum Biologi. Selain itu, guru Biologi di SMA Negeri 11 Medan juga belum mengintegrasikan konsep Potensi Lokal dan Nilai-nilai Islam dalam praktikum Kultur Jaringan Tumbuhan serta belum memanfaatkan media interaktif untuk mengatasi keterhambatan pelaksanaan praktikum Kultur Jaringan Tumbuhan. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Virtual Laboratory Kultur Jaringan Andaliman terintegrasi nilai-nilai Islam sebagai media pembelajaran interaktif bermuatan nilai-nilai Islam dan Potensi Lokal untuk mengatasi terhambatnya kegiatan praktikum sekaligus menguatkan internalisasi nilai-nilai keislaman dan wawasan tentang Potensi Lokal siswa di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini dilakukan menggunakan Research and Development (R & D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kevalidan media oleh validator Ahli Materi sebesar 98,61 %, validator Ahli Materi Nilai-nilai Islam sebesar 90,62 %, validator Ahli Virtual Laboratory sebesar 93,96 %, dan validator Ahli Praktisi Lapangan (Guru Biologi) sebesar 93,75 % dengan kategori penilaian seluruh validator sangat baik. Sedangkan, persentase respon siswa terhadap media mencapai 63,88 % dengan kategori baik

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Jul 2021 05:57
Last Modified: 06 Jul 2021 05:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item View Item