Rahayu, Fitri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Swasta Darma Kecamatan Medan Johor. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI FULL FITRI RAHAYU.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Semakin tepat pemilihan model pembelajaran yang maka akan semakin tinggi hasil belajar yang diterima siswa. Model pembelajaran Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang memaksimalkan potensi pikiran dengan menggunakan otak kanan dan kiri secara simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD swasta darma kecamatan medan johor pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian adalah Eksperimen Semu (Quasi Exspermiment). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B merupakan kelas kontrol. Temuan penelitian yang dihasilkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dianalisis dengan uji t maka diperoleh hasil bahwa dengan yang berarti bahwa hipotesis diterima. Hal ini berarti bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV SD Swasta Darma Kecamatan Medan Johor
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 04:53 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 04:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11818 |
Actions (login required)
View Item |