Perbedaan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Make a Match Pada Materi Pokok Integral Kelas XI MA Al-Washliyah 12 Perbaungan T. P 2020/2021

Murtadha, Mhd. Ricky (2020) Perbedaan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Make a Match Pada Materi Pokok Integral Kelas XI MA Al-Washliyah 12 Perbaungan T. P 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Mhd. Ricky Murtadha.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Make a Match pada materi pokok integral di kelas XI MA Al-Washliyah 12 Perbaungan tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI MIA MA AL-Washliyah 12 Perbaungan tahun pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang ditentukan dengan cara sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berbentuk tes uraian berupa post test. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan Make a Match pada materi pokok integral di kelas XI MA Al-Washliyah 12 Perbaungan dengan Fhitung = 6,266 > Ftabel pada taraf (a=0,05) = 4,007; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan Make a Match pada materi pokok integral di kelas XI MA Al-Washliyah 12 Perbaungan dengan Fhitung = 0,535 < Ftabel pada taraf (a=0,05) = 4,007; 3)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan Make a Match pada materi pokok integral di kelas XI MA Al-Washliyah 12 Perbaungan dengan Fhitung = 5,175 > Ftabel pada taraf (a=0,05) = 3,923. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) daripada model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Make a Match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:28
Last Modified: 06 Jul 2021 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item