Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Rantai Makanan Menggunakan Model Scrambel Di Kelas V MIN 7 Medan Denai.

Khairina, Rizka (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Rantai Makanan Menggunakan Model Scrambel Di Kelas V MIN 7 Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RIZKA[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran secrambel dalam mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam Di Indonesia pada kelas V MIN 7 Kota Medan Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini berjenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari tiga tahap kegiatan Pra Tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas V MIN 7 Kota Medan yang berjumlah 30 orang siswa, terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil tes awal (Pra Tindakan) diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 13,3% dengan nilai rata-rata 46,3%. Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata 63,7% dan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 90% dengan nilai rata-rata 80,7. Hasil penelitian diatas membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran secrambel dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam di indonesia di kelas V MIN 7 Kota Medan Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2018/2019.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:21
Last Modified: 06 Jul 2021 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item