Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A Di RA Ar-Rayhan Medan Denai T.A 2019/2020

Nasution, Nurhidayah (2020) Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A Di RA Ar-Rayhan Medan Denai T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHIDAYAH-dikonversi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari permainan balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berbentuk penelitian Quasi Eksperimental dengan sampel penelitian anak usia dini yang berjumlah 45 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 februari sampai 6 maret 2020 di RA Ar-Rayhan Jl. Denai Gg Aneka no. 4 B Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan balok angka memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di RA Ar-Rahyan Medan Denai. Hal ini terlihat berdasarkan hasil dari penelitian di dalam kelas eksperiment diperoleh hasil kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 dengan nilai rata-rata fre-test 4 dan skor nilai rata-rata post-test 9. Dengan nilai tertinggi post-test 12 dan nilai terendah 4 sehingga kemampuan mengenal lambang bilangan lebih baik di kelas kontrol. Berikut hasil kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak di kelas kontrol mendapat nilai rata-rata sebanyak 4,3 dan rata-rata post test 5,8 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah adalah 4. Hal ini juga beardasarkan hasil dari pengujian hipotesis thitung > ttabel dan diperolah dari pengujian yakni 4,38>2,047 dengan angka signifikan sebesar dengan demikian hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan dari permainan balok angka terhadap pengenalan lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:05
Last Modified: 06 Jul 2021 04:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11806

Actions (login required)

View Item View Item