Penerapan Metode Quantum Learning Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan

Batubara, Minta rojulaini (2020) Penerapan Metode Quantum Learning Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
MINTA ROJULAINI BATUBARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang keterampilan siswa dalam membaca bahasa arab. metode yang digunakan adalah metode card sort. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca bahasa arab, karena sebelum menggunakan startegi ini siswa sangat kurang terampil/kurang mahir dalam membaca bahasa arab sehingga menyulitkan siswa dalam menjawab pertanyaan sesuai teks cerita yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah metode card sort. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, soal tes, dan refleksi. Berdasarkan hasil peelitian yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan diketahui adanya peningkatan keterampilan membaca bahasa arab siswa pada siklus I dikategorikan cukup baik dengan presentase 70 % dengan rata-rata 68,78. Dan kemudian pada siklus II siswa mengalami peningkatan presentase 90 % dengan rata-rata 79. Hasil refleksi menyatakan bahwa adanya terjadi peningkatan keterampilan membaca bahasa arab siswa setelah menggunakan metode card sort

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:49
Last Modified: 06 Jul 2021 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item