Marpaung, Claudia (2020) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 060911 Menteng. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI CLAUDIA MARPAUNG-dikonversi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi surat undangan sebelum menerapkan model STAD (Student Teams Achievement Division), sesudah menerapkan model STAD, dan untuk mengetahui respon siswa setelah menerapkan model STAD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V SDN 060911 Menteng yang terdiri dari 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi surat undangan meningkat. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata kelas sebesar 56,66 dan jumlah siswa yang yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 7 orang siswa atau sebesar 23,33%. Kemudian pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 66,33 dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria tuntas adalah 15 siswa atau sebesar 50%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85,33 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 28 siswa atau sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 03:35 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 03:35 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11799 |
Actions (login required)
View Item |