Pengaruh Multimedia Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di RA Al-Amin Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Hsb, Tazkiyah Muthmainnah (2020) Pengaruh Multimedia Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di RA Al-Amin Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TAZKIYAH MUTHMAINNAH HASIBUAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap perkembangan bahasa anak di RA Al-Amin Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Bahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain, melalui semua cara dalam berkomunikasi, dimana pikiran dan perasaan diungkapkan dalam bentuk lambang ataupun simbol. Penggunaan multimedia bentuk media audio visual dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk meningkatkan perkembangan bahasanya. Anak senang melihat gambar-gambar, audio visual merupakan salah satu media yang menyajikan pesan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan indikator kerja. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t dengan membandingkan nilai perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia terhadap perkembangan bahasa anak RA Al-Amin Percut Sei Tuan, dapat disimpulkan bahwa dari perhitungan thitung dengan nilai ttabel maka didapatkan nilai thitung yaitu 3,1415 > 2,037 nilai ttabel yaitu 2,037 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia terhadap perkembangan bahasa anak di RA Al-Amin Percut Sei Tuan dengan nilai signifkansi 0,000 < nilai α yaitu 0,05. Di samping itu, hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia dapat mempengaruhi perkembangan bahasa anak RA Al-Amin Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jun 2021 14:20
Last Modified: 27 Jun 2021 14:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item View Item